TGH. Khairi Habibullah

The Rising Years

Setelah melangkah dengan semangat baru dan kinerja yang semakin baik, alhamdulillah berbagai peningkatan kini mulai terasa baik yang besifat fisik maupun non fisik, di kalangan santri maupun para asatiidz. Merenungkan kembali prestasi dan kemajuan yang diraih oleh Nurul Haramain dalam dua tahun terakhir ini memberikan beberapa PR baru. Di antaranya adalah melanjutkan semua yang baik dengan terus menerus mengadakan perbaikan, membangun dunia pondok yang terus lebih baik dengan menerapkan beberapa ide baru yang diusulkan santri, dewan guru, wali murid atau siapapun yang merasa peduli dengan pendidikan khususnya di Pondok Pesantren Nurul Haramain. Kekurangan-kekurangan tentu saja masih di temukan di sana-sini, namun tak perlu terlalu merisaukan kita karena memang manusia itu memiliki keterbatasan. Kekurangan adalah untuk diperbaiki dan kelebihan yang ada harus disyukuri dan ditingkatkan.

Prestasi Santri dan Santriwati
Dalam perjalanan tahun pelajaran 2009 – 2010 ini beberapa catatan prestasi telah ditorehkan oleh Nurul Haramain. Nama Aula Ajnadin, nama seorang pejuang muslim, memberi inspirasi pada Grup Marching Band Nurul Haramain untuk berprestasi. Pada peringatan HUT Lombok Barat lalu, Grup Marching Band Nurul Haramain mendapat juara I dalam Lomba Marching Band yang yang diselenggarakan pemerintah Kabupaten Lombok Barat. Dalam lomba lintas alam yang dirangkaikan dengan dengan penghijauan hutan Sesaot, regu lintas alam dari Nurul Haramain mendapat juara umum. Sedangkan dalam lomba membuat Blog di internet yang diselenggarakan oleh TELKOMSEL, alhamdulillah juara 1, 2 dan 3 diraih oleh oleh blogger Nurul Haramain. Juara pertama mendapatkan sebuah Netbook, juara 2 dan 3 mendapatkan handphone. Hal ini juga menunjukkan bahwa penguasaan IT khususnya internet cukup baik di kalangan Haramain. Dalam lomba kepramukaan yang diselenggarakan oleh NW pusat di Pancor Lombok Timur, regu pramuka dari Haramain juga mendapat juara pertama. Prestasi-prestasi tersebut Insya Allah akan menjadi motivasi bagi santri-santri Nurul Haramain pada masa-masa yang akan datang.

Prestasi  Asaatiidz
Para asaatiidz juga menorehkan beberapa prestasi yang membanggakan. Beberapa guru yang mengajar di Nurul Haramain memang tergolong masih muda. Mereka mengajar sambil tetap mengikuti kuliah. Adalah Susilahuddin Putra Wangsa yang lolos seleksi Bahasa Inggris, menjadi duta NTB dari kalangan mahasiswa untuk mengikuti Short Course Bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh Ohio University, di negeri Paman Sam selama 2 bulan. Dia mengikuti jejak alumni Haramain juga yang telah memenangkan persaingan tes uji kemampuan Bahasa Inggris

ke USA yaitu Leni Hartati dari Pringgarata dan Muhammad Mutawali dari Mantang Lombok Tengah. Tercatat tiga orang alumni yang pernah diundang ke Amerika dan seorang santriwati yaitu Rengganis Qorry Aina dari Lombok Utara.  Muhammad Taisir, Guru kelahiran Beriri Jarak ini, juga memenangkan lomba karya ilmiah yang merupakan bagian dari mata lomba MTQ tingkat Povinsi yang diselenggarakan di kecamatan Masbagik. Sedangkan Mantilina Ervina, seorang guru kelahiran Lingsar yang menjadi utusan Nurul Haramain dalam Musabaqah Menulis Kandungan Al-Qur’an (M2KQ), menempati posisi juara harapan 2. Prestasi guru yang menyelesaikan pendidikannya di perguruan tinggi juga cukup baik. Abdul Aziz Al-Murody, mendapatkan predikat Cumlaude pada pada waktu wisudanya di IAIN.

Prestasi Akademik
Dari segi akademis, alhamdulillah prestasi santri dan santriwati sangat bagus. MTs. NW Putra dan Putri mencatat kelulusan 100%, MA Putra 100% dan MA Putri 98%. Nilai rata-rata pun sangat baik. Semuanya merupakan kerja keras seluruh komponen baik guru, siswa, serta do’a dari seluruh wali santri dan santriwati.
Merenungkan kembali prestasi
dan kemajuan yang diraih oleh
Nurul Haramain dalam dua tahun terakhir ini memberikan beberapa PR baru.
Di antaranya adalah melanjutkan semua yang baik dengan terus menerus mengadakan perbaikan, membangun dunia pondok yang terus lebih baik dengan menerapkan beberapa ide baru yang diusulkan santri, dewan guru, wali murid atau siapapun yang merasa peduli dengan pendidikan khususnya di Pondok Pesantren Nurul Haramain. Kekurangan-kekurangan tentu saja masih di temukan di sana-sini, namun tak perlu terlalu merisaukan kita karena memang manusia itu memiliki keterbatasan. Kekurangan adalah untuk diperbaiki dan kelebihan yang ada harus disyukuri dan ditingkatkan.

Animo Masyarakat

Animo masyarakat untuk memondokkan putra dan putrinya juga semakin bertambah. Hal ini terlihat dari penambahan angka santri baru yang cukup signifikan. Tahun pelajaran 2009-2010 jumlah pendaftar di Nurul Haramain Putra 114 santri, sedangkan tahun 2010-2011 ini berjumlah 157 santri baru.  Santriwati baru di Pondok Putri pada tahun pelajaran 2009-2010 berjumlah 177 santriwati sedangkan pada tahun pelajran ini berjumlah 204 santriwati baru.

Pembenahan bangunan

Dengan konsep penataan pondok yang rapi, bersih dan indah, kini pembangunan sarana pendidikan terus berkembang. Tahun 2001-2010 telah dibangun sarana CBC (computerized Base Classes) kelas berbasis komputer sebanyak empat ruang kelas dengan masing-masing 30 unit komputer dan langsung terkoneksi dengan internet 24 jam. Sistem jaringan menggunakan PC Station dan internetnya menggunakan 3 buah jaringan Speedy Internet  Unlimited dari Telkom. Gedung lantai 3 pondok putri Insya Allah akan segera rampung dengan 24 kamar mandi baru. Lima ruang kelas Madrasah Aliyah putra sedang di direhab dan dirancang untuk persiapan kelas berbasis komputer selanjutnya. Sarana kantor OSNH (Organisasi Santri Nurul Haramain) atau OSIS-nya Nurul Haramain tahun pelajaran baru ini akan dilengkapi dengan sebuah unit komputer untuk masing-masing ruang dan juga akan terkoneksi dengan internet. Demikian pula untuk keindahan lingkungan, telah dimulai penataan taman pondok.

Mensyukuri prestasi ini adalah dengan mempertahankannya dan terus berupaya untuk  meningkatkannya. Kamipun bersyukur bahwa mereka tetap berupaya sekeras mungkin untuk meningkatkan diri. Hal ini tentu saja merupakan etos kerja seorang muslim. “Dan orang-orang yang bekerja keras dalam Jalan Kami, pasti akan Kami tunjukkan jalannya (metodenya), demikian Allah menjanjikan solusi untuk kesulitan-kesulitan yang kita hadapi.